KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN SUSUKAN 01 KABUPATEN SEMARANG


Suryabudi Naratama , 1401412513 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN SUSUKAN 01 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412513.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (598kB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SD. Pembelajaran IPS dalam pelaksanaannya masih menggunakan metode konvensional yang membuat siswa menjadi bosan dan kurang aktif saat mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran Cooperative Script dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPS. Penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Script terhadap motivasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Susukan 01 Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Susukan 01 Kabupaten Semarang dengan jumlah populasi sebanyak 63siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melitputi wawancara, observasi, angket/kuesioner, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan disesuaikan dengan teknik pengumpulan data, yaitu berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, angket, tes dan dokumentasi. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas intrumen. Uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene’s Test untuk uji homogenitas. Uji independent Sample t-test dan uji one sample ttest untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test data motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,126> 2,000) dan signifikansinya 0,038 < 0,05. Sedangkan hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (5,342> 2,000) dan signifikansinya 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS yang menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test data motivasi menunjukkan thitung > ttabel (3,203> 2,040) dan signifikansi 0,003< 0,05. Sedangkan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (8,132 > 2,040) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Script lebih efektif terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dengan memahami langkah langkah pembelajaran dan merancang pembelajaran sesuai materi yang diajarkan. Kepala Sekolah hendaknya juga memberikan kesempatan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative script, hasil belajar, motivasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:54
Last Modified: 18 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29310

Actions (login required)

View Item View Item