PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN BAGI SISWA KELAS VII SMP SEMESTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010


Wahyu Marida Amalawati , 4201405506 (2010) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN BAGI SISWA KELAS VII SMP SEMESTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN BAGI SISWA KELAS VII SMP SEMESTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN BAGI SISWA KELAS VII SMP SEMESTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010) - Published Version
Download (721kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar yang disesuaikan karakteristik siswa jarang ditemukan, padahal bahan ajar merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kelayakan bahan ajar yang dibuat peneliti berdasarkan kriteria BSNP. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Semesta Semarang. Semua kelas dijadikan sampel karena jumlah kelas hanya dua. Dalam penelitian dilakukan penyesuaian dengan pembuatan kelas baru dengan persebaran jumlah dan jenis kelamin yang merata. Kelas VII A dijadikan kelas kontrol sedangkan VII B dijadikan kelas eksperimen. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dibuat peneliti, sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran dengan bahan ajar yang dipakai selama ini. Kedua kelas diberi posttest setelah pembelajaran selesai, kemudian hasil belajar kedua kelas dibandingkan. Penelitian dilakukan dengan desain eksperimen dan pendekatan R and D (Research and Development). Data diperoleh dengan metode dokumentasi, angket dan observasi. Efektivitas bahan ajar dianalisis dengan menggunakan uji t. Data untuk perhitungan uji t diambil dari hasil belajar kognitif siswa. Kelayakan bahan ajar berdasarkan kriteria BSNP diperoleh dari angket kelayakan yang dibagi kepada responden ahli, meliputi dosen jurusan Fisika, guru Fisika sekolah tempat penelitian, dan guru Fisika sekolah lain. Berdasarkan perhitungan didapat bahwa thitung = 4,11984 dan ttabel = 2,704 berarti thitung ≥ ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Setelah dilakukan analisis data tentang hasil belajar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, maka dapat diketahui bahwa persentase hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dibuat dalam penelitian efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Sedangkan kelayakan bahan ajar berdasarkan kriteria BSNP diperoleh bahwa persentase kelayakan isi 82,14 %, persentase kelayakan penyajian 88,18 %, dan persentase kelayakan bahasa 85,83 %. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dibuat peneliti layak berdasarkan kriteria dari BSNP dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. Perlu juga disarankan pengembangan bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa agar hasil belajar lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2011 06:31
Last Modified: 25 Apr 2015 04:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2931

Actions (login required)

View Item View Item