PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN GUGUS URIP SUMOHARJO KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP


Arifati Isnaeni , 1401412512 (2016) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN GUGUS URIP SUMOHARJO KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412512.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (692kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa karena motivasi belajar dapat memengaruhi keberhasilan belajar siswa. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa antara lain kemampuan guru dalam mengelola kelas dan ketersediaan fasilitas di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis survei. Variabel dalam penelitian ini yaitu pengelolaan kelas dan fasilitas sekolah sebagai variabel bebas, dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Urip Sumoharjo Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap yang berjumlah 236 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik probability sampling bertipe proposional random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 141 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Uji Prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 ) pengelolaan kelas persentase ratarata lebih besar dari 75%, artinya pengelolaan kelas sudah baik; (2) fasilitas sekolah persentase rata-rata maksimal 75%, artinya fasilitas sekolah cukup; (3) motivasi belajar siswa memperoleh persentase rata-rata lebih besar dari 75%, artinya motivasi belajar siswa sudah baik; (4) terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 32,9%; (5) terdapat pengaruh fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 3,4%; (6) terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara pengelolaan kelas dengan fasilitas sekolah; dan (7) terdapat pengaruh pengelolaan kelas dan fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 64,9%. Guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengelola kelas dengan baik agar tercipta kondisi belajar yang kondusif. Pihak sekolah diharapkan dapat menyediakan fasilitas belajar yang memadai, sehingga dapat memudahkan siswa belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas sekolah, motivasi belajar siswa, pengelolaan kelas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:54
Last Modified: 18 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29309

Actions (login required)

View Item View Item