PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS WIRATNO KECAMATAN CILACAP TENGAH


Riski Palupi, 1401412506 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS WIRATNO KECAMATAN CILACAP TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412506.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (473kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah bervariasi macamnya, ada yang sudah baik dan ada pula yang masih belum maksimal. Kepemimpinan yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang baik pula, sehingga akan muncul motivasi kerja guru yang tinggi. Motivasi kerja guru merupakan dorongan dari dalam diri dan dorongan dari luar untuk melaksanakan pekerjaan, sehingga motivasi kerja guru dapat dijadikan salah satu faktor yang mampu memengaruhi naik turunnya kinerja guru. Oleh karena itu, kepemimpinan yang baik dan tingginya motivasi kerja guru sangat diharapkan untuk mencapai tujuan pendidikan dan organisasi di dalam sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu 70 guru sekolah dasar Gugus Wiratno Kecamatan Cilacap Tengah. Uji coba instrumen dilakukan di SDN Tegalreja 01, SDN Tritihkulon 06 dan 09. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Pengujian analisis akhir menggunakan uji T satu sampel, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis regresi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, diperoleh R2 sebesar 57,2%; (2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, diperoleh R2 sebesar 58,2%; serta (3) Ada pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru dengan koefisien R sebesar 0,800, (Fhitung) sebesar 59,739, dan R2 sebesar 64,1%, sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi faktor lain.Sebaiknya kepala sekolah memiliki kepemimpinan yang ideal dan efektif untuk meningkatkan kinerja guru ke arah yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, motivasi kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:54
Last Modified: 18 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29306

Actions (login required)

View Item View Item