KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 1 BOJONG PURBALINGGA


Afif Akhmad Rizki , 1401412504 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 1 BOJONG PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412504.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (388kB) | Preview

Abstract

IPS merupakan ilmu yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial Pembelajaran IPS bertujuan untuk mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya pada materi pembelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu siswa diharapkan berperan aktif saat berlangsungnya pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS yang berlangsung di SD masih jarang menggunakan model pembelajaran kooperatif, termasuk pada pembelajaran IPS di SD Negeri 1 Bojong Purbalingga. Hal ini akan berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar yang dicapai siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS, di antaranya pada materi Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bojong Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran NHT terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Teknologi di kelas IV SD Negeri 1 Bojong Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 59 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas IV A dan 30 siswa kelas IV B. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh populasi akan dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis statistik data hasil penelitian dilakukan meliputi uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian yaitu uji normalitas, homogenitas dan kesamaan ratarata. Setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Independent sample ttest dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai observasi penerapan model pembelajaran NHT sebesar 93,75 dengan kriteria sangat tinggi. Perolehan nilai rata-rata minat siswa kelas eksperimen mencapai 82,93% dan kelas kontrol mencapai 76,93%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai 79,90 dan kelas kontrol mencapai 70,53. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT efektif terhadap minat dan hasil belajar IPS kelas IV materi Perkembangan Teknologi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat memperhatikan pemilihan model pembelajaran, karena hal ini akan mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa SD, serta guru dapat termotivasi menciptakan suasana belajar yang membuat siswa menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, minat belajar, Numbered Head Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:54
Last Modified: 18 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29305

Actions (login required)

View Item View Item