KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI SISWA KELAS IV SDN HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL


Sarah Hesti Afiyanti , 1401412502 (2016) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI SISWA KELAS IV SDN HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412502.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (407kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA membahas tentang alam dan seisinya. Dalam pembelajaran IPA, masih banyak guru SDN Harjosari Lor 03 menggunakan media yang kurang menarik minat dan perhatian siswa. Hal ini mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dicapai kurang optimal. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa SD. Salah satu media pembelajaran yang sesuai yaitu multimedia PowerPoint. Multimedia mempunyai kelebihan yaitu bersifat multisensorik karena dapat merangsang banyak indera melalui berbagai format media yang lengkap, sehingga dapat mengarah ke perhatian yang lebih baik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV antara yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia PowerPoint dan yang menggunakan media gambar serta keefektifannya. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Harjosari Lor 03 Kabupaten Tegal. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 siswa yang terdiri dari 29 siswa dari kelas eksperimen dan 29 siswa dari kelas kontrol. Penentuan sampel dilakunan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi dokumen, pedoman wawancara, soal tes pilihan ganda untuk pretes dan postes, angket belajar, dan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji one sample t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel ttest, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,276 > 2,003) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,610> 2,003) dan signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji one sample t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,018 > 1,701). Sementara itu, hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,834 > 1,701). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penggunaan multimedia PowerPoint lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA daripada yang menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, multimedia PowerPoint, aktivitas belajar, dan hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:54
Last Modified: 18 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29303

Actions (login required)

View Item View Item