KEEFEKTIFAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 KOTA TEGAL


Desy Indriani , 1401412252 (2016) KEEFEKTIFAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412252.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan manusia dan lingkungannya. Pembelajaran IPS di SD bertujuan mengembangkan potensi siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan melatih kemampuan sosial siswa. Sayangnya, pembelajaran IPS di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan, guru kurang memahami modelmodel pembelajaran yang inovatif dan tidak mempunyai informasi mengenai tingkat keefektifan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan teknik berkirim salam dan soal dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Muarareja 02 Kota Tegal. Populasi dalam penulisan ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Muarareja 02 Kota Tegal yang berjumlah 67 siswa yang terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 67 siswa. Desain yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitisas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (4,225 > 1,997) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,885 > 1,997) dengan signifikansi 0,005 < 0,000. Sementara itu, hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (7,092 > 1,692) dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (4,554 > 1,692), kedua data tersebut menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05. Untuk menguji hubungan antara minat dan hasil belajar menggunakan korelasi product moment, thitung > ttabel (8,242 > 1,997) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat dan hasil belajar IPS antara yang menggunakan pembelajaran teknik berkirim salam dan soal dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran teknik berkirim salam dan soal efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa serta ada hubungan antara minat dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran teknik berkirim salam dan soal dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar; Hasil Belajar; dan Teknik Berkirim Salam dan Soal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item View Item