Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MA Al - Asror di kota Semarang.

Dian Nur Khayati, 3301401023 (2005) Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MA Al - Asror di kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MA Al - Asror di kota Semarang.) - Published Version
Download (363Kb)

    Abstract

    Prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar ekonomi maka harus dilakukan dengan optimalisasi fungsi semua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi dan optimalisasi interaksi antara faktor – faktor tersebut. Faktor – faktor tersebut meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber dan evaluasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah faktor– faktor tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber dan evaluasi secara signifikan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MA Al - Asror tahun pelajaran 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al – Asror tahun pelajaran 2004/2005 yang berjumlah 146 siswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 95 siswa dilakukan dengan cluster random sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber dan evaluasi. Variabel terikatnya yaitu prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MA Al - Asror tahun pelajaran 2004/2005. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor–faktor tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber dan evaluasi secara signifikan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MA Al - Asror tahun pelajaran 2004/2005. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi antar variabel yang melebihi 0.800, koefisien uji KMO dan Bartletts test dengan nilai signifikan 0%, dan nilai pada factor loading lebih dari 0,5. Kemudian pada pengelompokkan variabel terdapat 3 faktor yang terbentuk yaitu yang mempunyai nilai eigen > 1. Variabel yang mempunyai nilai componen lebih dari 0.5 akan berada pada pengelompokkannya. Dari hasil ini terbentuk 3 komponen yaitu komponen 1 (variabel sumber, bahan, komponen, tujuan), komponen 2 (variabel alat dan evaluasi) dan komponen 3 (metode). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara urut faktor kegiatan belajar mengajar, evaluasi, bahan, tujuan, sumber, alat, dan metode secara signifikan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MA Al - Asror tahun pelajaran 2004/2005. Hasil penelitin ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, penentu kebijakan dan pembaca. Diharapkan bagi pihak – pihak yang berkepentingan dapat memahami dan memperhatikan faktor - faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi agar dapat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Mar 2011 03:14
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:57

    Actions (login required)

    View Item