KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN KOWANGAN TEMANGGUNG


Meita Sasmiyanti , 1401412250 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN KOWANGAN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412250.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (311kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran kurang kreatif dan inovatif. Hal ini terlihat dari cara penyampaian guru yang hanya menggunakan metode ceramah. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Apakah Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) Berbantuan Media VisualEfektif Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa kelas IV SDN Kowangan Temanggung?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Keefektifan Model Think Pair Share(TPS) Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa kelas IV SDN Kowangan Temanggung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya yaitu semua siswa kelas IV SDN Kowangan Temanggung. Sampel penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas IVB yang berjumlah 30 siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean posttest kelompok eksperimen sebesar 82 dan mean posttest kelompok kontrol sebesar 75,27. Hal ini menunjukkan indeks gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,49 (sedang) sedangkan <g> kelompok kontrol sebesar 0,28 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung (2,909) > t tabel (0,361) berarti bahwa model TPS efektif terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi dan nilai Sig.(2-tailed)< 0,05 yaitu 0,005. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya memilih metode yang dapat memberikan motivasi siswa untuk aktif di kelas. Dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi pemilihan metode yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Media visual, Keterampilan menulis karangan deskripsi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item