PENGARUH MODEL TALKING STICK BERBANTUAN BUKU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN LAMPER SEMARANG


Iis Wahyuningsih , 1401412249 (2016) PENGARUH MODEL TALKING STICK BERBANTUAN BUKU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN LAMPER SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412249.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (306kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca pemahaman di kelas V SDN Pandean Lamper 03 yang belum efektif mengakibatkan nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia belum optimal. Oleh karena itu guru perlu mengganti model pembelajaran yang telah digunakan sebelumnya dengan model inovatif. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan yaitu apakah model talking stick berbantuan buku cerita berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Pandean Lamper Semarang? Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dengan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model Talking Stick berbantuan buku cerita siswa kelas V SDN Pandean Lamper Semarang? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model talking stick berbantuan buku cerita terhadap membaca pemahaman kelas V dan mengetahui hubungan antara aktivitas siswa dengan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model Talking Stick berbantuan buku cerita siswa kelas V SDN Pandean Lamper Semarang. Bahasa sebagai alat komunikasi yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Fungsi bahasa dalam penelitian ini adalah sebagai alat komunikasi antara siswa dengan guru, guru dengan guru maupun siswa dengan siswa. Terdapat 4 keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Pada penelitian ini keterampilan bahasa yang dibahas adalah keterampilan membaca. Membaca adalah suatu kegiatan untuk mencari informasi yang terdapat dalam sebuah tulisan/ tanda/ lambang. Pelajaran Bahasa Indonesia di SD khususnya pada siswa kelas V adalah tentang membaca pemahaman. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap isi buku maka peneliti menggunakan buku cerita sebagai medianya. Dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peneliti menggunakan model talking stick berbantuan buku cerita. Pembelajaran model talking stick mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat. Selain untuk melatih berbicara, pembelajaran ini dapat menciptakan suasana menjadi menyenangkan karena belajar bernuansa permainan dan membuat peserta didik menjadi aktif. Alasan menggunakan buku cerita agar anak lebih tertarik membaca buku tersebut karena mengandung bacaan yang ringan dan gambar yang menarik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design.. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, dimana semua sampel digunakan sebagai sampel. Dengan populasi sebanyak 52 siswa. Yang terdiri dari 26 siswa pada kelas eksperimen dan 26 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (tes tertulis) berupa soal pilihan ganda dan non tes (observasi, wawancara, angket dan catatan lapangan). ix Variabel terikat terdiri dari keterampilan membaca pemahaman siswa. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran talking stick berbantuan media buku cerita. Hasil data keterampilan membaca pemahaman dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianlisis dengan uji gain dan uji sedangkan untuk mengetahui hubungan aktivitas siswa terhadap keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model talking stick berbantuan buku cerita digunakan analisis data aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model talking stick berbantuan buku cerita berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Pandean Lamper 03 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rata- rata nilai posttest kelompok eksperimen 84,23 lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu 69,61. Indeks gain <g> kelompok eksperimen 0,549428571 (sedang) sedangkan <g> kelompok kontrol sebesar 0,086564472 (rendah). Hasil uji t menunjukkan harga t-hitung 5,567 lebih besar dibandingkan dengan harga t-tabel yaitu 2,000 (5,567> 2,000) dan signifikansi (0,000< 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan rata- rata skor keterampilan membaca pemahaman antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Saran yang dapat disampaikan pada guru, agar guru dapat menentukan media dan model pembelajaran yang inovatif agar tercipta suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman agar lebih maksimal dan sesuai dengan materi pelajaran. Hubungan antara aktivitas siswa dan hasil belajar pada penelitian ini dihitung menggunakan uji korelasi Product Moment dengan taraf signifikan 0,05. Hubungan antara aktivitas siswa dengan keterampilan membaca pemahaman pada penelitian ini menunjukkan kategori kuat, yaitu koefisien korelasi yang dihasilkan adalah 0,0634. Berdasarkan pemaparan yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick berbantuan media buku cerita anak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Pandean Lamper 03 Semarang tahun ajaran 2015/ 2016. Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dengan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Pandean Lamper Semarang. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan peneliti. Demi meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif salah satunya menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan buku cerita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, pengaruh, talking stick
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29298

Actions (login required)

View Item View Item