PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Isti’anah Lia Aviani , 1401412247 (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412247.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (322kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, meliputi faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dalam diri siswa (faktor internal) dan perhatian orangtua (faktor eksternal) terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar dan perhatian orangtua sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Uji Prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan one sample t test, analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Dabin III Tegal Barat Kota Tegal sebanyak 183 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, dan diperoleh sampel sebanyak 123 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa persentase rata-rata lebih besar dari 75%, artinya motivasi belajar di sekolah sudah baik; (2) perhatian orangtua siswa persentase rata-rata lebih besar dari 75%, artinya perhatian orangtua dalam belajar anak yang diterapkan sudah baik; (3) prestasi belajar siswa memperoleh persentase rata-rata lebih besar dari 75%, artinya prestasi belajar siswa yang diperoleh siswa di sekolah sudah baik; (4) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 36,4%; (5) terdapat pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 29,3%; (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan perhatian orangtua; dan (7) terdapat pengaruh motivasi belajar dan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 44,4%. Peneliti menyarankan agar guru menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar di sekolah sehingga meningkatkan motivasi belajar dalam diri siswa, dan orangtua selalu memberikan perhatian dalam kegiatan belajar anak agar mereka menjadi lebih terpantau dalam prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; perhatian orangtua; prestasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29297

Actions (login required)

View Item View Item