KEEFEKTIFAN MODEL BAMBOO DANCING DAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BABAKAN 02 KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Maesaroh Az Zahra , 1401412245 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL BAMBOO DANCING DAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BABAKAN 02 KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412245.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (334kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran efektif terjadi apabila ada perubahan tingkah laku yang positif. Pada pembelajaran efektif terdapat empat aspek diantaranya adalah adanya variasi dalam penyampaian menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran yang baik adalah model pembelajaran yang mengaktifkan siswa, seperti model kooperatif diantaranya adalah model Bamboo Dancing dan Inside Outside Circle. Berdasarkan penelitian terdahulu, model Bamboo Dancing dan Inside Outside Circle efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn, namun belum diketahui dari model Bamboo Dancing dan Inside Outside Circle yang paling efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan model Bamboo Dancing dan Inside Outside Circle terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Babakan 02 Kramat, Kabupaten Tegal materi Globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Babakan 02 Kramat sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Kemantran 01 Kabupaten Tegal sebagai kelas kontrol. Jumlah populasi sebanyak 65 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh yaitu menjadikan seluruh anggota populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Pada analisis tahap akhir menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis statistik inferensial meliputi uji Manova dilanjutkan dengan uji LSD. Tingkat keefektifan dihitung dengan uji One Sample T-Test. Hasil LSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Uji perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2 dapat dilihat dari nilai signifikasi <0,05 (0,00<0,05 dan 0,00<0,005), maka H0ditolak. Jadi, hasil rata-rata aktivitas dan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berbeda. Uji selanjutnya adalah uji keefektifan di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil keefektifan di kelas eksperimen 1 dan 2 menunjukkan thitung>ttabel (12,123>1,998) dan thitung>ttabel(5,193>1,998), maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Bamboo Dancing lebih efektif dibandingkan dengan model Inside Outside Circle terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV pada materi Globalisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Model pembelajaran, Bamboo Dancing, Inside Outside Circle
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29296

Actions (login required)

View Item View Item