PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKBIN 3 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


A. Rio Setiawan , 1401412240 (2016) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKBIN 3 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412240.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (255kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis narasi adalah kecakapan seseorang untuk menyampaikan pesan kepada orang lain secara tertulis sebagai bentuk komunikasi secara terstruktur. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Sekolah Dasar Negeri Sekbin 3 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, diketahui bahwa kemampuan menulis narasi siswa masih berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut antara lain intensitas belajar dan kebiasaan membaca siswa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh intensitas belajar dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SD Negeri Sekbin 3 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi terdiri dari 192 siswa kelas V dan diambil sampel sebanyak 127 siswa. Pengambilan sampel menggunakan tabel Krejcie dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk narasi siswa dan angket untuk intensitas belajar dan kebiasaan membaca siswa. Instrumen pada penelitian ini ada tiga, yaitu pedoman wawancara, angket, dan pedoman penilaian karangan. Setelah data terkumpul data diolah dengan bantuan program SPSS versi 21. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Analisis regresi dilakukan setelah uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskesdastisitas. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis narasi masing-masing sebesar 35,3% dan 27%. Hal ini dibuktikan dengan uji t dengan hasil thitung>ttabel yaitu 8,262>1,979 dan 6,797>1,979. Secara bersama-sama intensitas belajar dan kebiasaan membaca berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis narasi. Pengaruh tersebut sebesar 36,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini didukung dengan uji F yang menghasilkan Fhitung>Ftabel yaitu 35,338 > 3,069.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: intensitas belajar; kebiasaan membaca; kemampuan menulis narasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29294

Actions (login required)

View Item View Item