PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN

Anggraeni Sintawati , 1401412239 (2016) PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran membaca masih dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan dan monoton. Dampak yang terlihat dari kondisi ini adalah bahwa keterampilan membaca siswa masih sangat rendah. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode belajar SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Pretest-Posttest Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian berjumlah 53. Uji normalitas menggunakan metode Liliefors, uji homogenitas dengan metode uji Bartlett, uji keseimbangan dan uji hipotesis menggunakan uji t. Uji validitas dilakukan pada 40 soal diperoleh 30 soal menunjukkan nilai korelasi ≥ 0,532 sehingga dinyatakan valid, dan 10 soal menunjukkan nilai korelasi < 0,532 sehingga dinyatakan tidak valid. Reliabelitas instrumen yang diujikan (KR 20) adalah 0,96253, selanjutnya dibandingkan dengan rtabel yaitu 0,532. Instrumen yang digunakan dinyatakan reliabel karena rhitung (0,9418) > rtabel (0,532). pada hasil akhir yang diuji dengan uji T didapat thitumg (2,545) > t tabel 2,068. Dengan demikian hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai kelompok eksperimen yang menerapkan metode SQ3R berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Disimpulkan metode SQ3R lebih berpengaruh dibandingkan dengan metode ceramah. Dalam melaksanakan proses belajar membaca pemahaman, guru sebaiknya menerapkan variasi metode membaca agar siswa bersemangat sehingga keterampilan membaca pemahamannya meningkat. Salah satunya dengan metode SQ3R. Peserta didik hendaknya selalu berupaya meningkatkan keterampilan membaca pemahamannya agar wawasan yang dimiliki semakin bertambah. Penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan penelitian berikutnya yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, SQ3R
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 12:57
Last Modified: 18 Jan 2018 12:57

Actions (login required)

View Item