KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


Alin Putri Lestari , 1401412238 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412238.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (447kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Dengan bekal kemampuan baca tulis, seorang siswa dapat mempelajari ilmu lain. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN Purwoyoso 03 Semarang ditemukan permasalahan yaitu guru masih menggunakan metode yang tidak mengaktifkan siswa dan dalam diskusi masih berpusat pada guru, sehingga sebagian besar siswa belum mencapai KKM. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah model TTW berbantuan gambar seri lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model TTW berbantuan gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada sisw kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 108 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel 37 siswa kelas kontrol dan 37 siswa kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, dokumen, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TTW berbantuan gambar seri efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t dengan taraf signifikansi 5% (0,05) diperoleh thitung sebesar 6,073 lebih besar dibandingkan dengan harga ttabel 1,993 (6,073 > 1,993) dengan signifikansi (0,000 < 0,05), maka terima Ha tolak Ho artinya ada perbedaan rata-rata hasil keterampilan menulis (posttest) antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,38 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah model TTW berbantuan gambar seri efektif terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang. Saran pada penelitian selanjutnya dapat menerapkan model Think Talk Write berbantuan gambar seri dengan melakukan studi eksperimen yang dibandingkan dengan metode lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gambar Seri, Karangan Narasi, Keefektifan Model Think Talk Write
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item View Item