PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS SRIKANDI SEMARANG


Sri Nurlayla , 1401412237 (2016) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS SRIKANDI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412237.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (412kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Berdasarkan observasi awal di SDN Gugus Srikandi ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis di kelas IV. Hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah metode ceramah bervariasi. Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga pembelajarannya bersifat monoton satu arah dan metode ini juga kurang mengikutksertakan siswa dalam pembelajaran sehinggga siswa cenderung pasif menyebabkan rendah keterampilan menulis dengan ketuntasan klasikal mulai dari 30-36%. Implementasi pendekatan kontekstual dapat memberi pengaruh positif terhadap keterampilan menulis siswa karena siswa akan terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN di Gugus Srikandi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa di kelas IV SDN di Gugus Srikandi. Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan desain Nonequivalent Control Design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas IV SDN di gugus Srikandi yang berjumlah 231 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Gisikdrono 01 (28 siswa) dan SDN Salaman Mloyo (23 siswa). Teknik sampling yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data mliputi uji normalitas, homogenitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN di Gugus Srikandi. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 85,39 sedangkan kelas kontrol sebesar 57,61. Hal ini menunjukkan indeks gain <g> kelas eksperimen sebesar 0,73 sedangkan <g> kelas kontrol 0,129. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (25,229) > ttabel (2,08). Ini menjelaskan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN di Gugus Srikandi. Hal tersebut memberi kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis karangan deskripsi, pendekatan kontekstual, siswa kelas IV
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29291

Actions (login required)

View Item View Item