PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI SD GUGUS R. A. KARTINI SEMARANG


Gresninda Putri N. , 1401412235 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI SD GUGUS R. A. KARTINI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412235.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (416kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting untuk proses belajar di sekolah guna mempermudah guru dalam menyampaikan materi di dalam kelas. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dari hasil observasi diketahui bahwa media yang dipakai saat guru mengajar adalah media visual. Kurang tersedianya sarana dan prasarana yang memadai menyebabkan media yang dipakai juga terbatas, sehingga rumusan dari permasalahan tersebut adalah bagaimanakah pemanfaatan media dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III dan persepsi siswa kelas III terhadap pemanfaatan media dalam pembelajaran IPS di SD gugus R.A. Kartini Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media serta persepsi siswa terhadap pemanfaatan media dalam pembelajaran IPS kelas III di Gugus R. A. Kartini Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel yang diteliti adalah media pembelajaran yang dipakai guru saat mengajar IPS di kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumenter, serta angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media dalam pembe-lajaran IPS menurut siswa kelas III termasuk kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase persepsi siswa sebanyak 58%, yaitu sebanyak 27 dari 64 siswa setuju bahwa guru di kelas mengajar menggunakan media visual yaitu berupa gambar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media dalam pembelajaran IPS di lima SD di Gugus R. A. Kartini Semarang menurut siswa kelas III tergolong baik. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru dapat melakukan variasi terhadap media yang dipakai, sekolah hendaknya memberikan penambahan media yang dapat menunjang proses pembelajaran siswa, serta pengadaan pelatihan umum maupun seminar mengenai pemanfaatan media baik dari pemerintah maupun pihak sekolah, sehingga guru dapat mengembangkan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi, pemanfaatan, media, pembelajaran, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29289

Actions (login required)

View Item View Item