PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


RHIZA ERSALINA ELLIANI , 1401412234 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412234.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (346kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap keterampilan guru memberi penguatan dalam pembelajaran IPS. Pada kenyataannya guru dalam mengajar sudah baik namun belum maksimal dalam melaksanakan keterampilan dasar mengajar yang salah satunya adalah pemberian penguatan. Dalam kegiatan pembelajaran masih ditemukan siswa yang kurang bersemangat untuk belajar dan takut untuk bertanya kepada guru atau menjawab pertanyaan dari guru. Hal ini diakibatkan oleh kurang adanya motivasi dari guru terutama dalam pemberian penguatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi siswa terhadap keterampilan guru memberi penguatan dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil persepsi siswa terhadap keterampilan guru memberi penguatan dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 33 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripstif kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi (persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan guru memberi penguatan dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang secara keseluruhan dalam kategori tinggi dengan rata-rata sebanyak 93. Indikator Penguatan meliputi penguatan verbal dalam kategori tinggi dengan rata-rata sebanyak 35 dan penguatan non verbal dalam kategori tinggi dengan rata-rata sebanyak 58. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan keterampilan memberi penguatan sudah baik, terlihat dari persepsi siswa terhadap keterampilan guru memberi penguatan dalam kategori tinggi. Saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya guru dalam pembelajaran IPS selalu menerapkan keterampilan memberi penguatan demi menciptakan keadaan belajar yang diharapkan dan dapat meningkatkan semangat serta motivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi; ketrampilan; penguatan; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29288

Actions (login required)

View Item View Item