HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS R.A. KARTINI SEMARANG
Sri Lestari , 1401412233 (2016) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS R.A. KARTINI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (370kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan pada siswa kelas IV SDN Pandean Lamper 03 saat pembelajaran IPS, saat guru menjelaskan, sikap siswa menunjukkan berbagai perbedaan. Perbedaan hasil belajar siswa cukup besar, yang mendapatkan nilai tertinggi dan terendah, hal tersebut terjadi karena gaya belajar siswa berbeda, yang menyebabkan hasil belajar yang berbeda pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) adakah hubungan yang kuat dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus R.A. Kartini Semarang?, (2) berapa persentase hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus R.A. Kartini Semarang?. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui hubungan yang kuat dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus R.A. Kartini Semarang, (2) untuk mengetahui persentase hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus R.A. Kartini Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi, dengan populasi siswa kelas IV SD Gugus R.A. Kartini Semarang yang berjumlah 295 siswa dengan sampel sebanyak 75 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini : angket, dan dokumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji product moment dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung (0,607) > r tabel (0,227). Hal tersebut berarti terdapat hubungan yang kuat antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus R.A. Kartini Semarang. Persentase hubungan tersebut sebesar 36,84%. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) ada hubungan yang kuat dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus R.A. Kartini Semarang, (2) persentase hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus R.A. Kartini Semarang sebesar 36,84%. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk guru, hendaknya guru memahami gaya belajar siswa dan mendukung siswa untuk belajar dengan gaya belajar masingmasing, serta menggunakan berbagai metode agar dapat memfasilitasi siswa dengan gaya belajar yang berbeda, (2) untuk siswa, hendaknya siswa belajar dengan gaya belajar yang paling sesuai dengan dirinya agar hasil belajar dapat maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar; gaya; hasil; hubungan; IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 17:56 |
Last Modified: | 18 Jan 2018 17:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29287 |
Actions (login required)
View Item |