HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN


Shinta Yuli Anggraeni , 1401412231 (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412231.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (374kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPS yang diperoleh peserta didik kurang optimal dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah faktor lingkungan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah terdapat hubungan lingkungan sekolah dan hasil belajar IPS? dan (2) Seberapa besarkah hubungan lingkungan sekolah dan hasil belajar IPS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah terdapat hubungan lingkungan sekolah dan hasil belajar IPS, dan (2) mengetahui seberapa besarkah hubungan lingkungan sekolah dan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis korelasi. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas V SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 167 kemudian diambil sampel sebanyak 118 peserta didik dengan teknik proportionate random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian akan diolah dengan analisis deskriptif persentase, korelasi sederhana pearson product moment, uji t, dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah dan hasil belajar IPS termasuk dalam katagori cukup baik. Nilai rhitung (0,547) > rtabel (0,179), thitung (7,034) > ttabel (1,980), dan r2 sebesar 29,9% pada taraf signifikansi 5%. Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan sebesar 0,547 pada taraf signifikansi 5%. Lingkungan sekolah memberikan kontribusi terhadap hasil belajar IPS peserta didik sebesar 29,9%. Pihak sekolah hendaknya meningkatkan kondisi lingkungan sekolah, serta guru hendaknya memberikan inovasi-inovasi dalam menerapkan metode dan menggunakan media pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar; hasil; IPS, lingkungan; sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:56
Last Modified: 18 Jan 2018 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29285

Actions (login required)

View Item View Item