PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBAHASA DIALEK SEMARANGAN UNTUK KELAS VII


Heny Pratiwi , 2601411123 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBAHASA DIALEK SEMARANGAN UNTUK KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411123_x.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (325kB) | Preview

Abstract

Teks tentang budaya yang terdapat dalam materi ajar yang digunakan guru Bahasa Jawa kelas VII di Kota Semarang berisikan wacana budaya yang tidak menonjolkan potensi dan karateristik Kota Semarang. Hal tersebut menjadikan karakteristik dan potensi Kota Semarang, seperti budaya dan bahasa Semarangan kurang dikenal oleh siswa di Kota Semarang. Meskipun beberapa kosakata dialek Semarangan kurang dikenal siswa akan tetapi logat dan partikel khas Semarangan telah akrab di telinga siswa, sehingga adanya teks berbahasa Semarangan diharapkan dapat menumbuhkan daya tarik siswa dalam mempelajari teks berbahasa Jawa. Selain itu, diperlukan adanya media membaca yang lebih menarik dan inovatif sehingga dapat membangkitkan antusias siswa dan menjadi jembatan untuk menuju pembelajaran bahasa Jawa yang lebih baik. Hal tersebut menjadi alasan perlunya pengembangan media pembelajaran membaca yang berisikan wacana budaya Semarang berbahasa dialek Semarangan. Penelitian ini menggunakan metode research and developmen (R and D), yaitu sampai tahap revisi desain. Subjek penelitan adalah 3 guru dan 30 siswa kelas VII dari 3 sekolah sasaran penelitian yaitu SMP N 2 Semarang, SMP N 5 Semarang, dan SMP N 9 Semarang, serta 2 orang ahli yaitu ahli materi dan desain. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasikan media pembelajaran interaktif membaca yang berisikan wacana budaya Semarang dengan menggunakan bahasa dialek Semarangan. Penyertaan materi tentang bahasa dialek Semarang dan game edukatif perlu disertakan untuk menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan siswa dalam berbahasa Jawa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli desain terhadap prototipe media ini, dapat disimpulkan bahwa prototipe yang dihasilkan sudah baik dan sesuai, akan tetapi perlu dilakukan beberapa perbaikan. Perbaikan lebih banyak dilakukan pada materi, yaitu penggunaan kosakata. Sedangkan pada desain, hanya memberi masukan untuk menambahkan efek suara pada halaman evaluasi. Penambahan efek suara tersebut tidak harus dilakukan karena timbal balik untuk jawaban benar atau salah sudah cukup jelas. Bagi guru dan siswa, media pembelajaran hasil penelitian ini selain dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas, juga dapat digunakan siswa padapembelajaran mandiri di rumah. Meskipun fokus penelitian ini adalah pembelajaran membaca, akan tetapi hasil penelitian ini dapat digunakan untuk pembelajaran yang integratif karena suara sebagai konfirmasi dapat digunakan untuk pembelajaran menyimak dan permodelan untuk pembelajaran berbicara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, membaca, budaya Semarang, bahasa Semarangan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 18 Jan 2018 16:44
Last Modified: 18 Jan 2018 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29284

Actions (login required)

View Item View Item