PERSEPSI SISWA TERHADAP FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG


Anisa Daminawati , 1401412230 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412230.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (302kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian persepsi siswa terhadap faktor kesulitan belajar IPS. Fenomena kesulitan belajar siswa terlihat dari menurunnya prestasi akademik atau hasil belajar. Keadaan tersebut nampak pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus Larasati pada mata pelajaran IPS. Kesulitan belajar dapat disebabkan oleh faktor internal yaitu faktor perhatian, faktor minat, faktor bakat, dan faktor kepribadian, dari faktor eksternal yaitu faktor metode mengajar, faktor guru, fakor bahan belajar, dan faktor cara belajar. Permasalahan penelitian ini mengenai bagaimana persepsi siswa terhadap faktor kesulitan belajar IPS kelas V Sekolah Dasar Gugus Larasati Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016 ? penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai persepsi siswa terhadap faktor kesulitan belajar IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Larati Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Penelitian dekriptif kuantitatif ini adalah penelitian populasi seluruh siswa Sekolah Dasar Gugus larasati Kecamatan gunung Pati kota Semarang dan sampelnya berjumlah 89 siswa dengan menggunakan teknik sample populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner dengan instrumen penelitian berupa skala Likert yaitu skala sangat sulit, sulit, sedikit sulit, tidak sulit. Teknik nalisis data menggunakan teknis analisis kuantitatif dihitung menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V mengalami kesulitan belajar pada faktor internal yaitu : faktor perhatian mengalami sedikit kesulitan (43,26%), faktor minat (52,62%), kepribadian (49,16%) sedangkan bakat mengalami kesulitan(58,01%). Faktor eksternal yaitu: faktor metode mengajar (51,78%) dan guru (52,43%) mengalami sedikit kesulitan, sedangkan bahan pelajaran (57,77%) dan cara belajar (61,80%) mengalami kesulitan. Saran dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak dan penelitian ini dapat bermanfaat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor kesulitan belajar, Mata pelajaran IPS, Persepsi Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 16:43
Last Modified: 18 Jan 2018 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29283

Actions (login required)

View Item View Item