IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS II SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG


Dandiyu Seno , 1401412227 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS II SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412227.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (417kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Gugus Larasati Kota Semarang diperoleh informasi bahwa sekolah telah berupaya dalam implementasi pendidikan karakter. Setiap sekolah memasang tulisan nilai-nilai pembentuk karakter di dinding kelas, menerapkan budaya baris sebelum masuk kelas, memiliki taman konservasi, dan menerapkan budaya melepas dan merapikan sepatu ketika masuk kelas. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan pemahaman guru tentang pendidikan karakter; 2) mendeskripsikan implementasi 18 nilai karakter dalam pembelajaran PKn; 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pimplementasi pendidikan karakter. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif tediri lima tahapan meliputi studi pendahuluan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan implementasi 18 nilai karakter dalam pembelajaran PKn kelas II SD Gugus Larasati Kota Semarang tergolong kategori berhasil. Dibuktukan dengan hasil observasi, SDN Sumurejo 01 tergolong sangat berhasil dengan rata-rata skor 57,5. SDN Plalangan 04 tergolong sangat berhasil dengan rata-rata skor 57. SDN Plalangan 02 tergolong berhasil dengan rata-rata skor 50,5. SDN Plalangan 03 tergolong berhasil dengan rata-rata skor 49,5. SDN Plalangan 01 tergolong berhasil dengan skor rata-rata 45,5. SDN Sumurejo 02 tergolong berhasil dengan rata-rata skor 41. Simpulan penelitian implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn tergolong dalam kategori berhasil, secara umum guru paham tentang pendidikan karakter. Saran bagi guru untuk mendidik dan membentuk karakter siswa dengan mengimplementasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran pada semua mata pelajaran, siswa diharapkan memperhatikan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan melaksanakan sikap-sikap baik yang diajarkan oleh guru ke dalam kehidupan sehari-hari, dan sekolah diharapkan peduli dengan implementasi pendidikan karakter dengan cara menggalakkan tata tertib yang membentuk karakter siswa dan memfasilitasi media pembelajaran dan buku-buku yang menunjang keberhasilan implementasi pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi; pembelajaran PKn; pendidikan karakter.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 16:43
Last Modified: 18 Jan 2018 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29281

Actions (login required)

View Item View Item