KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI SD GUGUS PLANGKAWATI KOTA SEMARANG
UMI QONIAH , 1401412226 (2016) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI SD GUGUS PLANGKAWATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (309kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan mengelola kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan gangguan pembelajaran didalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan di lima SD Gugus Plangkawati Kecamatan Banyumanik Kota Semarang meliputi SD Negeri Pudakpayung 01, SD Negeri Pudakpayung 02, SD Negeri Gedawang 01, SD Negeri Gedawang 02, SD Islam Fitra Bhakti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran IPS kelas III di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Variable yang diteliti adalah keterampilan mengelola kelas dan pembelajaran IPS di kelas III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan pada setiap sampel. Analisis data menggunakan model Miles and Hubberman, yaitu collecting data, data reduction, data display, dan conclusions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengelola kelas pada pembelajaran IPS kelas III di SD Negeri Pudakpayung 01 termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 55. Keterampilan mengelola kelas pada pembelajaran IPS kelas III di SD Negeri Pudakpayung 02 termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 54. Keterampilan mengelola kelas pada pembelajaran IPS kelas III di SD Negeri Gedawang 01 termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 54. Keterampilan mengelola kelas pada pembelajaran IPS kelas III di SD Negeri Gedawang 02 termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 54. Dan keterampilan mengelola kelas pada pembelajaran IPS kelas III di SD Islam Fitra Bhakti termasuk dalam kategori baik dengan skor 45. Simpulan dari penelitian ini adalah keterampilan mengelola kelas pada pembelajaran IPS sudah baik. Peneliti menyarankan agar guru dapat melaksanakan keterampilan mengelola kelas dengan baik supaya sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan, mengelola kelas, pembelajaran, IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 16:43 |
Last Modified: | 18 Jan 2018 16:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29280 |
Actions (login required)
View Item |