KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEORI VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS GATOT SUBROTO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG


NANI SUPRIHATI , 1401412223 (2016) KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEORI VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS GATOT SUBROTO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412223.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (412kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika materi geometri di Gugus Gatot Subroto diajarkan belum terstruktur. Teori Van Hiele dipilih sebagai alternatif pemecahan masalah karena melalui teori Van Hiele geometri diajarkan terstruktur dan siswa dapat menggali sendiri materi geometri yang dipelajari. Tujuan penelitian menguji keefektifan penerapan teori Van Hiele dengan metode pemberian tugas atau resitasi. Jenis penelitian kuasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V di sekolah dasar negeri di Gugus Gatot Subroto. Sampel penelitian siswa kelas V di SD N Pringapus 03 dan siswa kelas V di SD N Pringapus 01. Teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan analisis akhir. Analisis akhir atau pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test, uji gain dan uji korelasi aktivitas siswa dengan hasil belajar menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Teori Van Hiele lebih efektif dibandingkan metode pemberian tugas atau resitasi ditunjukkan dengan uji t independent pihak kanan diperoleh nilai sig 0.0005. Nilai sig (1-tailed) < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Tingkat keefektifan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, kelas ksperimen sebesar 43% kategori sedang sedangkan kelas kontrol 24% kategori rendah. Hasil uji korelasi antara aktivitas terhadap hasil belajar menunjukkan nilai sig (1-tailed) sebesar 0.00 (sig

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, hasil belajar, teori Van Hiele
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 16:43
Last Modified: 18 Jan 2018 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29278

Actions (login required)

View Item View Item