KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI DANARAJA 02 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Nadia Indah Kartika , 1401412222 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI DANARAJA 02 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412222.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (371kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena berhubungan langsung dengan proses pembelajaran, yaitu perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Guru tidak hanya bertugas sebagai perancang pembelajaran, tetapi juga harus mampu melaksanakan perencanaan yang dibuatnya. Pelaksanaan pembelajaran akan berhasil tergantung dari perencanaan yang disusun oleh guru. Perencanaan pembelajaran merupakan panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan terarah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan pembelajaran di SD Negeri Danaraja 02 yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran di SD Negeri Danaraja 02 yang berpedoman pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang guru kelas, kepala sekolah, dan beberapa siswa SD Negeri Danaraja 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan teknik model interaktif analisis data kualitatif menurut Milles dan Huberman, yaitu data reduction, data display, dan conclusions (kesimpulan). Data yang diperoleh diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi dan member chek. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di SD Negeri Danaraja 02 dapat dikatakan sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru, meskipun membuatnya tidak setiap kali akan mengajar tetapi sekalian untuk satu semester. Komponen-komponen dalam RPP sebagian besar sudah sesuai dengan indikatornya, dan sebagian masih kurang dikembangkan. Proses pembelajaran yang dilaksanakan berpedoman RPP, meskipun dalam pelaksanaanya terkadang tidak sesuai dengan apa yang tertuang dalam RPP. Secara keseluruhan kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dapat dikatakan sudah baik, meskipun masih ada beberapa kekurangannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik; perencanaan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 16:44
Last Modified: 18 Jan 2018 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29277

Actions (login required)

View Item View Item