KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD N GUGUS KI HAJAR DEWANTARA SEMARANG


Susilo Wati , 1401412220 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD N GUGUS KI HAJAR DEWANTARA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412221.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (877kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran IPA yang selama ini dilakukan belum menumbuhkan motivasi siswa sehingga siswa pasif dalam pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif agar pembelajaran lebih bermakna dan mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model quantum teaching pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD N Gugus Ki Hajar Dewantara. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N Gugus Ki Hajar Dewantara tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan SD N Pesantren sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model quantum teaching dan SD N Ngadirgo 02 sebagai kelas kontrol menerapkan model Numbered Head Together (NHT). Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis dan angket. Data awal penelitian ini berupa nilai pretest kelas eksperimen dan kontrol. Analisis hasil pretest menunjukkan bahwa terdapat kesamaan kemampuan awal siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Data akhir yang dianalisis meliputi data hasil belajar yang diperoleh dari nilai posttest dan skor motivasi belajar siswa. Analisis hasil posttest berbantuan program SPSS 20 menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 6,255 lebih besar jika dibandingkan dengan harga t-tabel yaitu 2,000 (6,255 > 2,000), sehingga hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pembelajaran IPA dengan model quantum teaching menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching efektif dalam pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD N Gugus Ki Hajar Dewantara Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; IPA; pembelajaran; quantum teaching
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 16:44
Last Modified: 18 Jan 2018 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29276

Actions (login required)

View Item View Item