KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD N GUGUS KI HAJAR DEWANTARA SEMARANG


Pusporini , 1401412221 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD N GUGUS KI HAJAR DEWANTARA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412220.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (689kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang selama diterapkan guru dalam pembelajaran IPA di SD N Gugus Ki Hajar Dewantara Semarang belum mampu mengoptimalkan pembelajaran secara individu maupun kelompok. Proses pembentukan kelompok tidak didasarkan pada kemampuan siswa sehingga kelompok tidak bersifat heterogen. Selain itu kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang optimal.Oleh karena diperlukan model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan pembelajaran individu maupun kelompok. Model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model TAI pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD N Gugus Ki Hajar Dewantara. keefektifan model dalam penelitian ini dilihat dari aspek hasil belajar dan aktivitas siswa. Aspek hasil belajar dilihat dari hasil belajar yang lebih tinggi antara kelas eksperimen yang menerapkan model TAI dengan kelas kontrol yang menerapkan model TPS. Sedangkan dari aspek aktivitas siswa dilihat dari ada tidaknya hubungan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model TAI. Design penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SD N Gugus Ki Hajar Dewantara Semarang tahun ajaran 2015/2016.teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Berdasarkan teknik tesebut didapatkan SD N Pesantren sebagai kelas eksperimen menerapkan model TAI dan SD N Ngadirgo 02 sebagai kelas kontrol menerapkan model TPS. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan uji kesamaan rata-rata hasil pretest menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan. Analisis uji perbedaan rata-rata hasil belajar (nilai posttest)menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar di kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai sig. > 0,05. Analisis hubungan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig. > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Team Assisted Individualization (TAI) efektif digunakan dalam pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N Gugus Ki Hajar Dewantara Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas Siswa, hasil belajar IPA, model TAI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 16:44
Last Modified: 18 Jan 2018 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29275

Actions (login required)

View Item View Item