KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS NUSA INDAH KABUPATEN DEMAK


Fatkhiyatul Maunah , 1401412218 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS NUSA INDAH KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412218.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (654kB) | Preview

Abstract

Cakupan materi mata pelajaran IPA sebagian berisi pengetahuan yang bersifat hafalan, sehingga sering kali siswa dituntut untuk mengingat materi yang banyak tanpa ada pemahaman dalam diri siswa. Akhirnya menyebabkan hasil belajar IPA siswa menjadi rendah, ditambah lagi masih banyaknya guru yang memposisikan siswa sebagai penerima materi yang pasif. Model pembelajaran Example Non Example dapat dijadikan model alternatif dalam pembelajaran IPA. Model pembelajaran Example Non Example memungkinkan siswa untuk mengingat materi yang banyak dengan cara yang menyenangkan. Dengan model pembelajaran Example Non Example siswa juga dituntut untuk aktif mencari pengetahuannya sendiri terhadap permasalahan yang ada di sekitar melalui analisis contoh-contoh berupa gambar-gambar yang bermuatan masalah. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Gugus Nusa Indah tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan SDN Jungsemi sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajran Example Non Example, SDN Jungpasir sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dan SDN Bungo 3 sebagai kelas uji coba. Hasil pretest di kelas eksperimen dan kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan. Hasil analisis penelitian berbantuan program SPSS 20 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 2,755 lebih besar jika dibandingkan dengan harga t-tabel yaitu sebesar 1,671 (2,755>1,671). Selain itu hasil analisis aktivitas siswa menunjukkan 0,05 (0,03 < 0,05), berarti Ha diterima sehingga terdapat hubungan antara hasil belajar IPA dengan aktivitas siswa. Koefisien korelasi 0,467 berarti tingkat hubungan antara hasil belajar dengan aktivitas siswa adalah sedang, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki aktivitas tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi. Simpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Example Non Example efektif dalam pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Nusa Indah Kabupaten Demak. Saran dalam penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan model yang inovatif yaitu model pembelajaran Example Non Example supaya siswa tidak merasa bosan dan tidak kesulitan untuk memahami materi sehingga pembelajaran dapat lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, hasil belajar IPA dan model pembelajaran Example Non Example.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 15:32
Last Modified: 18 Jan 2018 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29273

Actions (login required)

View Item View Item