KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI


Hanim Mukhtiyani Mahmudah , 1401412214 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412214.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (727kB) | Preview

Abstract

Model Learning Cycle merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga dapat dijadikan alternatif pembelajaran. Learning Cycle sesuai dengan teori belajar Piaget, teori belajar yang berbasis konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Learning Cycle pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Pati. Keefektifan yang dimaksudkan dalam penelitian ini dilihat dari dua aspek, yaitu (1) Hasil belajar siswa menggunakan model Learning Cycle di kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan model NHT; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN gugus Diponegoro Kabupaten Pati tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sonorejo berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Tambahmulyo 01 berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Data awal penelitian ini adalah data pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan terdapat kesamaan rata-rata data awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol di tunjukkan dari analisis uji-t dengarn taraf signifikan 0,05 terhadap nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Sig. (1-tailed) 0,009 (0,009< 0,05). Rata-rata nilai hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 80,19 dan 73,53; 2) Pembelajaran IPA menggunakan model Learning Cycle terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji korelasi Product Moment dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil Sig. (2-tailed) 0,002 (0,002<0,05). Koefisien korelasi antara aktivitas siswa dengan hasil belajar sebesar 0,634 termasuk kategori kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle efektif pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; learning cycle; pembelajaran; IPA.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 15:31
Last Modified: 18 Jan 2018 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29270

Actions (login required)

View Item View Item