PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG


WACHIDA HERMA ZUNITA , 1401412211 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412211.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (874kB) | Preview

Abstract

Membaca adalah sebuah aktivitas, karenanya semua kegiatan membaca harus aktif sampai tingkat tertentu. Membaca pemahaman adalah membaca secara kognitif (membaca untuk memahami). Berdasarkan data wawancara dan dokumen di SD Negeri Gugus Nyi Ageng Serang Semarang ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya adalah minat membaca siswa kurang, motivasi membaca siswa rendah, kemampuan membaca pemahaman siswa rendah. Permasalahan tersebut didukung dengan perolehan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV yang belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah ada pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, (2) seberapa besar pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gugus Nyi Ageng Serang Semarang. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, (2) untuk mengetahui besar pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gugus Nyi Ageng Serang Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Nyi Ageng Serang Semarang dengan jumlah 178 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis regresi kemampuan membaca pemahaman secara signifikan mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia, diketahui t hitung (6,962) > dari t table (1,671) atau sig.(0,000) < alpha (0,05) adalah signifikan pada taraf signifikasi 5% dengan koefisien determinasi sebesar 0,455. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gugus Nyi Ageng Serang Semarang. Besar pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gugus Nyi Ageng Serang Semarang yaitu 45,5%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca pemahaman, hasil belajar bahasa Indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 15:31
Last Modified: 18 Jan 2018 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29267

Actions (login required)

View Item View Item