PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG


Safrila Widiastuti , 1401412206 (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412206.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (398kB) | Preview

Abstract

Pola asuh adalah proses pendidikan, pembelajaran dan pembentukan anak-anak menuju masa depan. Berdasarkan pengamatan peneliti menunjukkan hasil belajar IPS siswa kelas V belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN di gugus Diponegoro Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN gugus diponegoro kecamatan Gringsing kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Kecamatan Gringsing yang berjumlah 216 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang berjumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara IPS siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang sebesar 0,548 dengan kategori hubungan sedang, dan untuk Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 30,8 %. Hal tersebut berarti hasil belajar siswa dipengaruhi 30,8% oleh pola asuh orang tua dan 69,2% dari faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Gringsing sebesar 0,548 dengan persentase koefisien determinasi sebesar 30,8%. Pola asuh orang tua pada siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro pada pola asuh permisif dan demokratis hampir seimbangkan.Saran bagi guru penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber informasi untuk mengetahui pengaruh pola asuh bagi orang tua terhadap hasil belajar siswa. Sehingga guru dapat memberikan cara mengajar dengan tepat.Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk orang tua dalam memahami peran pola asuh yang baik dan tepat pada anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asuh, Belajar, Hasil, IPS, Pola
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 15:31
Last Modified: 18 Jan 2018 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29266

Actions (login required)

View Item View Item