ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SD DABIN 1 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES
Anggun Rakhmawati , 1401412201 (2016) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SD DABIN 1 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (309kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan seni musik merupakan bagian dari pendidikan estetika yang berperan untuk mengembangkan keterampilan dan keseimbangan berpikir siswa. Oleh karena itu, untuk memperoleh pendidikan seni musik yang berkualitas, dibutuhkan guru berkompetensi profesional memadai dalam memberikan pembelajaran seni musik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi profesional guru secara umum dalam pembelajaran seni musik di SD Dabin 1 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, (2) menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kompetensi profesional guru yang berkaitan dengan penguasaan bahan pembelajaran, kemampuan menyusun program pembelajaran, kemampuan melaksanakan program pembelajaran, dan menilai proses dan hasil belajar dalam pembelajaran seni musik di SD Dabin 1 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri atas 54 orang guru yang sekaligus merupakan populasi penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas: wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, angket skala likert, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Jenis data penelitian ini berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan rumus kategori yang dikemukakan oleh Azwar. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) kompetensi profesional guru di SD Dabin 1 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 91%; (2) kompetensi profesional dalam menguasai bahan pembelajaran berada pada kategori sedang dengan persentase 81%; (3) kompetensi profesional dalam menyusun program pembelajaran yang dimiliki oleh guru berada pada kategori sedang dengan persentase 59%; (4) kompetensi profesional dalam melaksanakan program pembelajaran berada pada kategori sedang dengan persentase 54%; (5) kompetensi profesional guru dalam menilai hasil dan proses pembelajaran memiliki persentase 74%, berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 15:31 |
Last Modified: | 18 Jan 2018 15:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29264 |
Actions (login required)
View Item |