KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI KELAS IV SDN GUGUS HUSNI THAMRIN KECAMATAN WINONG PATI


Mursidah , 1401412196 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI KELAS IV SDN GUGUS HUSNI THAMRIN KECAMATAN WINONG PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412196.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (567kB) | Preview

Abstract

Pkn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu, PKn penting untuk diajarkan pada kurikulum tingkat dasar. Berdasarkan data hasil belajar, observasi, dan wawancara bahwa hasil belajar PKn di SDN Gugus Husni Thamrin rendah disebabkan karena keaktifan siswa masih rendah serta guru cenderung menggunakan model konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan permasalahan yaitu apakah model Problem Based Learning lebih efektif bila dibandingkan dengan model konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SDN Gugus Husni Thamrin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning bila dibandingkan model konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi siswa kelas IV SDN Wirun berjumlah 16 siswa dan kelas IV SDN Sarimulyo 02 berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (2,543 > 2,021) dengan signifikansi (0,016 < 0,05), berarti terdapat perbedaan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,56, sedangkan kelas kontrol sebesar 69,76. Simpulan penelitian ini adalah model Problem Based Learning lebih efektif digunakan pada pembelajaran PKn siswa kelas IV SDN Gugus Husni Thamrin bila dibandingkan dengan model konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Adapun sarannya yaitu (1) bagi guru, sebaiknya dalam pelaksanaan model Problem Based Learning direncanakan dengan baik agar hasil belajar tercapai optimal; (2) bagi siswa, sebaiknya lebih meningkatkan keaktifan maupun tingkat berpikir kritis sehingga hasil belajar meningkat; (3) bagi sekolah, sebaiknya lebih memperhatikan proses pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. sehingga kualitas pembelajaran menjadi baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; keefektifan; PBL; PKn
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29261

Actions (login required)

View Item View Item