KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN RANDUGUNTING 1 KOTA TEGAL


Dimas Andriyanto , 1401412195 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN RANDUGUNTING 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412195.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (667kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPA yaitu guru kurang inovatif dalam menerapkan media dalam pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan media konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran IPA. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran IPA, salah satunya yaitu dengan menerapkan media aplikasi Microsoft PowerPoint. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penggunaan media aplikasi Microsoft PowerPoint terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA materi Pesawat Sederhana pada siswa kelas V SD Negeri Randugunting 1 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji pihak kanan melalui one sampel t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah menggunakan SPSS versi 20. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Randugunting 1 dan Debong Tengah 2 Kota Tegal yang berjumlah 65 siswa yang terdiri dari 35 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent samples t test melalui program SPSS versi 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung data aktivitas belajar sebesar 6,252 dan t hitung nilai hasil belajar sebesar 4,132. Dari hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (6,252 > 1,998 dan 4,132 > 1,998). Apabila mengacu pada kriteria keputusan pengujian hipotesis, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA materi Pesawat Sederhana pada siswa kelas V SD Negeri Randugunting 1 Kota Tegal antara yang menggunakan media aplikasi Microsoft PowerPoint dengan media visual. Untuk hipotesis yang kedua (uji keefektifan), menggunakan rumus one sample t test. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (10,695 > 2,032 dan 6,804 > 2,032). Jadi, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Randugunting 1 Kota Tegal dalam pembelajaran IPA materi Pesawat Sederhana dengan media aplikasi Microsoft PowerPoint lebih efektif daripada media visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, media aplikasi Microsoft PowerPoint
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29260

Actions (login required)

View Item View Item