KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN GUGUS RA KARTINI


Nelly Rahmawati , 1401412188 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN GUGUS RA KARTINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412188.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (658kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di Sekolah Dasar karena dapat melatih siswa untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan kewarganegaraan serta membentuk karakter siswa sesuai Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN Gugus RA Kartini diperoleh informasi bahwa jarang ada pembentukan diskusi kelompok kecil untuk melatih siswa memecahkan masalah dan dalam pembelajaran PKn guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga hasil belajar PKn siswa kelas V rendah. Oleh karena itu perlu adanya model inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif. Rumusan masalah yaitu apakah model Team Assisted Individualization lebih efektif bila dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama siswa kelas V SDN Gugus RA Kartini? bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama dengan model Team Assisted Individualization di kelas V SDN Gugus RA Kartini? Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Gugus RA kartini yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN Bumiharjo 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Serutsadang sebagai kelas kontrol dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, uji gain dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model Team Assisted Individualization lebih efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V di SD Gugus RA Kartini. Hasi uji perbedaan rata-rata rata yaitu harga t-hitung yaitu 4,123 lebih besar dibandingkan harga t-tabel yaitu 2,021 dengan rata-rata posttest kelas eksperimen 84,06 sedangkan kelas kontrol 75,26. Aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 61,71% > 48,97%. Simpulan penelitian ini adalah model Team Assisted Individualization lebih efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Saran pada penelitian selanjutnya peneliti dapat menerapkan model Team Assisted Individualization pada pembelajarn PKn maupun mata pelajaran lain karena dalam pembelajaran membuat siswa terlibat aktif dengan melakukan diskusi untuk memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keefektifan, Team Assisted Individualization
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29259

Actions (login required)

View Item View Item