KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV DI SD GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG


NUR KHOTIMAH , 1401412194 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV DI SD GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412194.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (344kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran wajib pada kurikulum tingkat dasar dan menengah. Pendidikan Kewarganegaraan memiliki tujuan yaitu siswa mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan di negaranya. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SD Gugus Srikandi ditemukan permasalahan yaitu pembelajaran belum mengarahkan pada kemampuan berpikir kritis, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, cenderung menggunakan model konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab sehingga hasil belajar PKn siswa kelas IV masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model Group Investigation lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model Group Investigation apabila dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus Srikandi tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel 28 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah model Group Investigation dan hasil belajar PKn materi globalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, perbedaan rata-rata, dan gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Group Investigation efektif diterapkan pada pembelajaran PKn materi globalisasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 5,143 > 2,021, sehingga Ha diterima artinya model Group Investigation lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Gugus Srikandi. Simpulan penelitian ini yaitu model Group Investigation efektif diterapkan pada pembelajaran PKn materi globalisasi. Model Group Investigation juga dapat meningkatkan aktivitas siswa terutama pada kemampuan berpikir kritis, menanggapi, dan menemukan solusi pemecahan permasalahan. Saran penelitian ini yaitu sebaiknya model Group Investigation digunakan sebagai model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, pelaksanaan diskusi kelompok harus dibimbing dengan optimal agar siswa bisa melakukan investigasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; keefektifan; model Group Investigation; PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29258

Actions (login required)

View Item View Item