PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN PKn MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS VB SDN NGALIYAN 01 KOTA SEMARANG


Aryun Nailun Nasikhah , 1401412190 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN PKn MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS VB SDN NGALIYAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412190.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (389kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang digunakan untuk membekali siswa menjadi warga negara yang berkarakter sesuai Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan pra penelitian melalui data dokumen, pengamatan dan wawancara bahwa pembelajaran PKn belum optimal dalam menggunakan media yang mendukung, sehingga siswa tidak menemukan pengetahuan sendiri dan hasil belajar Pkn masih rendah sehingga perlu adanya pengembangan media game education dalam pembelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan desain dan komponen media game education dalam pembelajaran PKn yang sesuai dengan materi menghargai keputusan bersama kelas VB SDN Ngaliyan 01? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan media game education dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk akhir. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Ngaliyan 01 dengan sampel adalah siswa kelas VB SDN Ngaliyan 01 menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji persyaratan analisis, data akhir dengan uji t dan uji N-gain, serta data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian pakar menunjukkan media game education layak uji ahli pakar materi, media, dan bahasa. Persentase penilaian komponen kelayakan isi yaitu 97,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian komponen penyajian yaitu 90% dengan kriteria sangat layak dan penilaian komponen kebahasaan yaitu 97,5% dengan kriteria sangat layak; (2) media game education berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t sebesar 8,484 dan peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,656 dengan kriteria sedang; (3) aktivitas siswa memperoleh persentase 85,4% pada pertemuan pertama dan persentase 90,8% pada pertemuan kedua dengan kriteria keaktifan siswa sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah media game education dalam pembelajaran PKn layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran serta meningkatkan aktivitas siswa materi menghargai keputusan bersama. Saran pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan media game education tidak hanya dalam pembelajaran PKn karena dalam pembelajaran mengajak siswa belajar sambil bermain dengan memperbaiki langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Education; Pembelajaran; PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29255

Actions (login required)

View Item View Item