KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDIA SKETSA TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL DAN MEMBUAT TOPENG PADA SISWA KELAS V SDN PANGGUNG 4 KOTA TEGAL


Nurdiani Desy Utami , 1401412191 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDIA SKETSA TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL DAN MEMBUAT TOPENG PADA SISWA KELAS V SDN PANGGUNG 4 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412191.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (379kB) | Preview

Abstract

Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di sekolah dasar memiliki peranan penting bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan ekspresi dan apresiasi seni. Pembelajaran SBK dalam pelaksanaannya masih menerapkan model konvensional sehingga kreativitas dan hasil belajar siswa kurang optimal. Model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantu media sketsa dapat dijadikan sebagai alternatif model dalam pembelajaran SBK, karena melalui model pembelajaran tersebut, dapat mendorong siswa dalam mengembangkan ide serta gagasan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantu media sketsa terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V materi mengenal dan membuat topeng. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian kelas eksperimen sejumlah 34 siswa SD Negeri Panggung 4 Kota Tegal dan kelas kontrol sejumlah 34 siswa SD Negeri Panggung 12 Kota Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji pihak kanan one sample t test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel ttest, data kreativitas menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,145 > 1,997) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,693 > 1,997) dan signifikansinya 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kreativitas dan hasil belajar antara siswa kelas V yang menerapkan model Student Facilitator And Explaining berbantu media sketsa dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional berbantu media sketsa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus one sample t test, data kreativitas menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,031 > 1,668). Sementara itu, hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,963 > 1,668). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantu media sketsa lebih efektif terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional berbantu media sketsa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kreativitas seni; model student facilitator and explaining berbantu media sketsa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29254

Actions (login required)

View Item View Item