PENGARUH MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


ARISTA NUR ISMAYANTI , 1401412186 (2016) PENGARUH MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412186.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (725kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam memahami bacaan yang dibacanya sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan guru terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kurang mampu menyusun kata-kata yang akan disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan hubungan antara membaca pemahaman dengan kemampuan menceritakan kembali isi cerita. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis non-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang yang berjumlah 253 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotionate Stratified Random Sampling, sehingga jumlah sampelnya 76 siswa yang mana setiap sekolah diambil sampel 30%. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Dan analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, analisis regresi linier dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca pemahaman berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi cerita, yang dibuktikan dengan hasil uji regresi menunjukkan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 yang berarti H2 diterima yang berbunyi “Terdapat pengaruh antara membaca pemahaman terhadap kemampuan menceritakan kembali isi cerita siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang”. Besarnya pengaruh membaca pemahaman terhadap kemampuan menceritakan kembali isi cerita siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang sebesar 13,6%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh; membaca pemahaman; menceritakan kembali isi cerita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29253

Actions (login required)

View Item View Item