KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL


Puspita Dijayanti , 1401412185 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412185.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (409kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis tidak datang begitu saja melainkan melalui proses belajar dan latihan. Siswa yang tidak berlatih menulis akan mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide atau gagasan. Salah satu materi yang melatih keterampilan menulis dalam silabus di kelas IV SD yaitu menulis deskripsi.Pembelajaran bahasa Indonesia di SD menggunakan pendekatan konvensional, yaitu menerapkan pendekatan berpusat pada guru (teacher centered approach).Siswa menjadi pasif dan jenuh dengan kegiatan belajar yang sama. Ada banyak pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning) yang dapat diterapkan, salah satunya yaitu pendekatan outdoor learning yang sesuai dengan materi pembelajaran menulis deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan outdoor learning dibandingkan dengan pendekatan konvensional dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pesayangan 01 yang berjumlah 71 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen nontes dan tes.Instrumen nontes meliputi pedoman wawancara tidak terstruktur, dokumen, lembar pengamatan pelaksanaan pendekatan pembelajaran,dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Instrumen tes yaitu soal tes ranah kognitif. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu uji perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan uji independent sample t testdan uji keefektifan dengan uji one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV pada materi menulis deskripsi antara yang menggunakan pendekatanoutdoor learning dan yang menerapkan pembelajaran pendekatan konvensional. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung>ttabelpada aktivitas belajar siswa 2,171>1,994dengan nilaisignifikansi 0,033< 0,05 dan hasil belajar siswa 3,300>1,994dengan nilai signifikansi 0,002< 0,05. Uji keefektifan menunjukkan hasil uji pihak kanan diperoleh bahwa pendekatan outdoor learningefektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas belajar siswa rata-rata nilai di kelas eksperimensebesar 80,36%lebih tinggi daripada di kelas kontrolsebesar 77,48%. Hasil belajar ratarata nilai di kelas eksperimen sebesar 78,28 lebih tinggi daripada di kelas kontrol sebesar 74,25.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan outdoor learning, aktivitas dan hasil belajar, menulis deskripsi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:09
Last Modified: 18 Jan 2018 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29250

Actions (login required)

View Item View Item