HUBUNGAN ANTARA MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SD GUGUS DRUPADI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


VIDKA DEVI UTAMA , 1401412182 (2016) HUBUNGAN ANTARA MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SD GUGUS DRUPADI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412182.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (461kB) | Preview

Abstract

Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita, merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas V. Masalah yang muncul di SD Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati yaitu nilai siswa kurang maksimal, salah satu alasannya karena tidak semua siswa mampu membaca pemahaman dengan baik, sehingga membuat siswa sulit Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara membaca pemahaman dengan Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara membaca pemahaman dengan Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat dan mengetahui seberapa besar keeratannya. Penelitian ini adalah penelitian jenis korelasi dengan menggunakan dua variable yaitu membaca pemahaman (X) dan Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik (Y). Penelitian ini dilakukan di SD Gugus Drupadi Kecamatan Gunugpati pada bulan April 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati. Besar sampel 182 orang yang diambil dengan cara sampel jenuh. Pengambilan data penelitian dilakukan menggunakan 2 tes, yaitu tes membaca pemahaman (20 item) mempunyai koefisien validitas antara 0,350 sampai 0,562 dengan taraf signifikansi 1% dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,994. Dan tes Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat (20 item) mempunyai koefisien validitas antara 0,376 sampai 0,570 dengan taraf signifikansi 1% dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,593. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan positif antara membaca pemahaman dengan Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat pada siswa kelas V SD Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati (nilai r = 0,790 dengan p < 0,000). Berdasarkan perhitungan nilai korelasimembaca pemahaman dengan Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat siswa kelas V SD Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati maka kesimpulannya ada hubungan yang sangat tinggi. ix

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, membaca pemahaman, Kemampuan Mengidentifikasi unsur intrinsik, cerita rakyat.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:09
Last Modified: 18 Jan 2018 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29249

Actions (login required)

View Item View Item