PENGARUH PENGUASAAN TATA BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI

DEA DIGNA , 1401412178 (2016) PENGARUH PENGUASAAN TATA BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis,. Dalam hal menulis, siswa memerlukan kemampuan menginterpretasikan gagasanya ke dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca. Banyak faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis siswa, salah satunya yakni penguasaan tata bahasa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penguasaan tata bahasa pada siswa kelas V, 2) untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V, 3) untuk mengetahui pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Dewi Kunthi sejumlah 227 siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini yakni 73 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling yaitu diambil 32% untuk masingmasing sekolah. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari penguasaan tata bahasa dan keterampilan menulis karangan narasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Penguasaan tata bahasa siswa kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati masuk dalam kategori sedang (78,2%), 2) keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati termasuk dalam kategori sedang (74%), 3) terdapat pengaruh signifikan antara penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati, dengan thitung yakni sebesar 12,164 dan signifikansi 0,000<0,05. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) “diterima”. Simpulan penelitian ini terdapat pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Saran bagi guru diharapkan untuk meningkatkan pengajaran tata bahasa Indonesia, karena penguasaan tata bahasa memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap keterampilan menulis narasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Tata Bahasa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 09:09
Last Modified: 18 Jan 2018 09:09

Actions (login required)

View Item