PENGARUH SARAPAN DAN LATAR BELAKANG SOSIO-EKONOMI ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD DABIN 1 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Endah Rahmawati , 1401412177 (2016) PENGARUH SARAPAN DAN LATAR BELAKANG SOSIO-EKONOMI ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD DABIN 1 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412177.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (269kB) | Preview

Abstract

Motivasi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Lemahnya motivasi belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor, bisa dari siswa, dari orang lain, atau lingkungan. Faktor yang berasal dari siswa lebih sering muncul salah satunya yaitu kurangnya energi. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti dengan nara sumber beberapa guru SD kelas IV SD Dabin 1 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes diperoleh keterangan bahwa dalam keadaan perut kosong, siswa tidak mempunyai tenaga dan akan sulit untuk berpikir, selain itu latar belakang sosio-ekonomi orangtua siswa berbeda-beda dengan motivasi belajar yang berbeda-beda. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarapan dan latar belakang sosio-ekonomi orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Dabin 1 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Dabin 1 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, sebanyak 231 siswa. Sampel penelitian sebanyak 140 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, interview, dan kuesioner atau angket. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji prasyarat analisis (asumsi dasar dan uji asumsi klasik regresi). Uji asumsi dasar meliputi: uji normalitas dengan 1-Sample K-S dan linearitas. Uji asumsi klasik regresi, meliputi: uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sarapan dan latar belakang sosio-ekonomi orangtua terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan nilai R sebesar 0,794. Disimpulkan terjadi hubungan yang kuat dan signifikan antara sarapan dan latar belakang sosioekonomi orangtua terhadap motivasi belajar serta diperoleh angka R2 sebesar 0, 630. Artinya sumbangan pengaruh variabel sarapan dan latar belakang sosioekonomi orangtua terhadap motivasi belajar sebesar 63%, sedangkan sisanya sebesar 37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Saran yang diberikan ialah guru hendaknya memerhatikan motivasi belajar siswa dan menginformasikan bahwa sarapan penting serta memerhatikan latar belakang sosio-ekonomi orangtua siswa. Selain itu, orangtua perlu memerhatikan motivasi belajar anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Sarapan; Sosio-Ekonomi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:09
Last Modified: 18 Jan 2018 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29246

Actions (login required)

View Item View Item