STUDI KASUS PENANGANAN PERILAKU BERMASALAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


MEGA SYLVIANA , 1401412184 (2016) STUDI KASUS PENANGANAN PERILAKU BERMASALAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412184.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan yang terjadi di sekolah dasar salah satunya adalah perilaku bermasalah pada siswa. Seorang siswa yang dikategorikan sebagai anak yang bermasalah apabila ia menunjukkan gejala-gejala penyimpangan dari perilaku yang lazim di lakukan oleh anak-anak pada umumnya. Penanganan yang tepat dari seorang guru sangat diperlukan. Guru mempunyai peran sebagai pembimbing yaitu guru membantu siswa menghadapi kekurangan, dan memberikan dorongan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan perilaku bermasalah pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Mijen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hal yang diteliti dan dideskripsikan adalah bentuk perilaku bermasalah siswa, penanganan perilaku bermasalah pada siswa oleh guru, dan dampak penanganan perilaku bermasalah pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yaitu mendeskripsikan bentuk perilaku bermasalah siswa, mendeskripsikan keberhasilan penanganan perilaku bermasalah pada siswa oleh guru, dan mendeskripsikan dampak penanganan perilaku bermasalah pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas rendah yaitu kelas I, kelas II, dan kelas III di 8 sekolah dasar di Kecamatan Mijen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali pada setiap sekolah dasar. Analisis data menggunakan model Miles and Hubberman, yaitu collecting data, data reduction, data display, dan conclusions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku bermasalah pada siswa sekolah dasar beragam, secara umum masalah yang paling banyak terjadi yaitu lambat belajar dan hiperaktif. Penanganan perilaku bermasalah pada siswa yang telah dilakukan oleh guru, namun hampir semua guru di sekolah dasar melakukannya secara klasikal. Agar penanganan mencapai keberhasilan perlu adanya bimbingan individual atau khusus sesuai perilaku bermasalah pada siswa sekolah dasar. Dampak penanganan perilaku bermasalah pada siswa adanya peningkatan kemampuan belajar dan perubahan perilaku ke arah positif. Simpulan dari penelitian ini adalah bentuk perilaku bermasalah siswa sangat beragam karena setiap masalah dengan latar belakang yang berbeda dan guru sudah melakukan penanganan perilaku bermasalah pada siswa sekolah dasar, secara klasikal sehingga belum mencapai keberhasilan. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya guru melakukan penanganan secara khusus dan klasikal sesuai dengan permasalahan siswa. Dan perlu juga melakukan terobosan baru melalui penelitian atau pengabdian masyarakat tentang penanganan perilaku bermasalah pada siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penanganan perilaku bermasalah; penanganan; perilaku bermasalah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:09
Last Modified: 18 Jan 2018 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29245

Actions (login required)

View Item View Item