PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN IV KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES


Eka Rizki Fitriasih , 1401412174 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN IV KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412174.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (308kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan, karena melalui kinerjanya dalam pembelajaran tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh hasil bahwa kinerja guru dalam pembelajaran di Dabin IV Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes masih rendah. Terbukti dari guru yang hanya menyusun RPP pada awal tahun ajaran baru, guru tidak menerapkan model pembelajaran inovatif, setiap akhir pembelajaran tidak melakukan kegiatan pengayaan dan remedial. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran, diantaranya yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di Dabin IV Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Populasi pada penelitian ini adalah 81 guru dan teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji analisis regresi berganda (R), uji analisis determinasi (R2), uji koefisien regresi secara parsial (uji t) dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian yaitu: Pertama ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SDN Dabin IV Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Ditunjukkan oleh hasil nilai R adalah 0,314; nilai R2 diketahui sebesar 9,9%; nilai thitung > ttabel (2,239 > 1,991) dan nilai signifikansi 0,028 < 0,05. Kedua ada pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru SDN Dabin IV Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes dan sumbangan pengaruhnya sebesar 10,8%; Dibuktikan dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai R adalah 0,329; nilai R2 sebesar 10,8%; nilai thitung > ttabel ( 2,424 > 1,991) dan nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05. Ketiga ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SDN Dabin IV Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh nilai R sebesar 0,402; nilai R2 sebesar 16,2%, nilai Fhitung > Ftabel (7,528 > 3,114) dengan tingkat signifikansi 0,001. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah bahwa guru harus meningkatkan motivasi kerja pada dirinya dengan cara selalu senang dan nyaman ketika mengerjakan tugas-tugasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:08
Last Modified: 18 Jan 2018 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29244

Actions (login required)

View Item View Item