KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PREZI DEKSTOP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL


Dewi Insantika , 1401412175 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PREZI DEKSTOP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412175.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (493kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA membahas tentang alam dan seisinya. Kebanyakan siswa SD kurang tertarik dengan IPA karena proses pembelajaran IPA kurang memperhatikan karaketeristik siswa SD. Sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya, siswa SD berada pada tahap operasional konkret. Segala sesuatu yang dipelajari masih membutuhkan media yang nyata dan dekat dengan lingkungannya. Salah satu media yang dapat digunakan guru adalah media berbasis teknologi seperti media Prezi Dekstop. Hasil penelitian yang relevan menunjukan bahwa penggunaan media Prezi Dekstop efektif dalam meningkatkan minat maupun hasil belajar siswa pada tingkat menengah atas. Sedangkan pada tingkat sekolah dasar, penggunaan media Prezi Dekstop belum teruji keefektifannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan penggunaan media Prezi Dekstop terhadap minat dan hasil belajar perubahan kenampakan benda langit pada siswa kelas IV SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Pesurungan Lor 1 tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 52 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan IVB sebagai kelompok kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji pihak kanan melalui one sampel t-test untuk uji hipotesis serta uji bivariate correlation untuk menguji hubungan. Semua penghitungan diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa melalui uji Independent Samples T Test menghasilkan nilai thitung (2,228) > ttabel (2,009) dengan signifikansi 0,030 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji One Sampel T Test thitung (3,355) > ttabel (2,064), maka Ho ditolak. Sedangkan hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa nilai thitung (2,404) > ttabel (2,009) dengan signifikansi 0,020 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji One Sampel T Test thitung (3,196) > ttabel (2,064), maka Ho ditolak. Untuk menguji hubungan antara minat dan hasil menggunakan uji korelasi sederhana dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,800. Nilai thitung (6,40) > ttabel (2,069) dan signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media Prezi Dekstop efektif terhadap minat dan hasil belajar IPA dan terdapat hubungan yang sangat kuat antara minat belajar dan hasil belajar siswa pada penggunaan media Prezi Dekstop.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat belajar; media Prezi Dekstop
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:09
Last Modified: 18 Jan 2018 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29243

Actions (login required)

View Item View Item