PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KOTA SEMARANG


Ratri Niandani , 1401412171 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412171.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (950kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis. Banyak faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis kembali, salah satunya kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kota Semarang; 2) keterampilan menulis kembali karangan narasi siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kota Semarang; 3) pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis kembali karangan narasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kota Semarang sebanyak 123 siswa. Pengumpulan data untuk variabel kemampuan membaca pemahaman diambil dengan teknik tes soal pilihan ganda yang sudah diuji validitasnya menggunakan point biserial dan reliabilitasnya menggunakan KR (Kuder-Richardson) 20. Pengumpulan data untuk variabel keterampilan menulis kembali karangan narasi meggunakan teknik tes unjuk kerja yang sudah diuji validitasnya menggunakan validitas ahli bidang Bahasa Indonesia dan reliabilitasnya menggunakan interrater yang dihitung dengan rumus pearson product-moment. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kota Semarang secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 71,03 dengan kategori baik; 2) keterampilan menulis kembali karangan narasi siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kota Semarang secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata sebesar 65,8 dengan kategori sedang; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis kembali karangan narasi siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Kota Semarang, yaitu sebesar 25,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar pihak sekolah dapat melakukan peningkatan pembelajaran yang dapat menunjang kemampuan membaca pemahaman dan keterampilan menulis kembali karangan narasi bagi siswa dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang juga mempengaruhi keterampilan menulis kembali karangan narasi selain kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karangan Narasi, Membaca Pemahaman, Menulis Kembali
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:41
Last Modified: 18 Jan 2018 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29242

Actions (login required)

View Item View Item