BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP SE-KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG


Mayang Kesuma MD , 2601411118 (2015) BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP SE-KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (755kB) | Preview

Abstract

Penggunaan ragam bahasa guru bahasa Jawa dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan berbicara siswa. Ragam bahasa yang digunakan guru dapat membantu siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Jawa. Siswa tidak akan mengalami kesulitan dalam penerapan unggahungguh basa dalam berbicara dengan orang lain. Kenyataannya, siswa kesulitan untuk menerapkan unggah-ungguh basa Jawa dalam berbicara dengan orang lain. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan siswa akan unggah-ungguh basa yang pener. Oleh karena itu, peranan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat besar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana wujud penggunaan bahasa guru dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMP Se-Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, (2) fungsi bahasa guru dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMP Se- Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan sosiolinguistik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jawa di SMP Se-Kecamatan Bodeh, meliputi SMP Negeri 1 Bodeh, SMP Negeri 2 Bodeh, SMP Negeri 3 Bodeh, dan SMP Negeri 4 Bodeh. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi yang dilanjutkan teknik rekam dan teknik catat. Hasil analisis data penelitian ini disajikan dengan menggunakan metode informal. Hal ini dikarenakan penyajian data dalam penelitian ini menggunakan bahasa Jawa dan ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Hasil penelitian ini adalah mengenai wujud dan fungsi penggunaan ragam bahasa guru dalam pembelajaran bahasa Jawa. Wujud penggunaan ragam bahasa yang digunakan adalah ragam bahasa Jawa ngoko, krama dan bahasa Indonesia. Alasan guru menggunakan bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Jawa adalah karena guru tidak berlatar pendidikan bahasa Jawa, melainkan berasal dari latar belakang pendidikan matematika dan bahasa Indonesia. Fungsi bahasa yang ditemukan dalam penelitian ini adalah fungsi imperatif, interogatif, ekspresif, menasehati dan memperingatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ragam bahasa, guru bahasa Jawa, proses belajar mengajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:14
Last Modified: 18 Jan 2018 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item View Item