PENGEMBANGAN BUKU CERITA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA JAWA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG


Septiana Fajar Lukitosari , 2601411117 (2016) PENGEMBANGAN BUKU CERITA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA JAWA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411117.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (430kB) | Preview

Abstract

Bahasa Jawa dirasa sulit untuk kalangan siswa sekolah dasar.Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya penguasaan kosakata Jawa.Buku cerita merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan penguasaan kosakata Jawa.Buku cerita berbahasa Jawa yang tersedia dikalangan masyarakat Kabupaten Semarang saat ini masih kurang.Untuk itu, penelitian ini mengembangkan buku Ayo Maca Dongeng sebagai upaya peningkatan penguasaan kosakata Jawa untuk siswa sekolah dasar. Berdasarkan uraian tersebut, masalahdari penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap prototipe Ayo Maca Dongeng (2)bagaimana draf prototipe Ayo Maca Dongeng, (3) bagaimana validasi prototipe Ayo Maca Dongeng, (4) bagaimana uji coba terbatas prototipe Ayo Maca Dongeng. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap prototipe Ayo Maca Dongeng, dan (2) menyusun draf prototipe Ayo Maca Dongeng, mendeskripsikan hasil validasi prototipe Ayo Maca Dongeng, serta mengetahui hasil uji coba terbatas prototipe Ayo Maca Dongeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan secara terbatas. Prosedur penelitian yang dilakukan antara lain (1)potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3)desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba terbatas. Subjek pada penelitian ini adalah guru sekolah dasar, siswa sekolah dasar, dan pakar ahli dalam pengembangan buku bacaan untuk memberikan evaluasi terhadap buku Ayo Maca Dongeng.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes.Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, angket kebutuhan guru, angket uji ahli desain dan materi, dan tes tertulis.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis kebutuhan guru yang diperoleh dari angket dapat disimpulkan bahwa kebutuhan guru adalah buku cerita yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata Jawa yang mudah dipahami dan tampilan serta isinya sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar, sedangkan kebutuhan siswa adalah buku cerita anak berbahasa Jawa dengan tokoh hewan yang bergambar dan berwarna serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Kemudian dianalisis untuk memperoleh bahan pengembangan prototipe buku Ayo Maca Dongeng yang terdiri dari empat cerita fabel yaitu Piwelinge Kancil, Emprit lan Semut Abang, Kuthuk Kang Gedhe Sirahe, dan Gogor Nandang Cilaka. Bukucerita ini menyelipkan kosakata Jawa tembung aran untuk menambah penguasaan kosakata Jawa siswa.Selain itu buku ini juga mengandung nilai moral dan mengajarkan anak unggah-ungguh serta tata krama dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dengan ilustrasi gambar yang berwarna.Setelah buku bacaan disusun, selanjutnya diujikan kepada ahli.Kemudian dilakukan perbaikan sesuai dengan saran penguji ahli.Perbaikan tersebut diantaranya (1) bagian isi, (2) penyajian buku, (3) kebahasaan, dan (4) grafika buku.Setelah perbaikan, tahap selanjutnya adalah uji coba terbatas prototipe Ayo Maca Dongeng.Uji coba dilakukan untuk mengetahui (1) perilaku siswa dalam pembelajaran, (2) hasil belajar siswa, (3) tanggapan siswa terhadap prototipe Ayo Maca Dongeng, (4) tanggapan guru terhadap prototipe Ayo Maca Dongeng.Uji coba dilakukan pada 26 siswa kelas IV SDN Randugunting Bawen dengan hasil sebagai berikut. (1) perilaku siswa selama pembelajaran positif, (2) rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan prototipe Ayo Maca Dongeng adalah 72,31 setelah menggunakan prototipe Ayo Maca Dongeng meningkat menjadi sebesar 79,61 sehingga ketuntasan siswa dalam prosentase 92,3%, (3) buku Ayo Maca Dongeng dapat menarik siswa karena tampilan dan bahasa yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa, (4) guru memberikan apresiasi terhadap hasil prototipe karena respon siswa terhadap materi yang diajarkan sangat positif. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian yaitu hendaknya ada pengembangan buku bacaan berbahasa Jawa lain untuk melestarikan budaya dan bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku cerita, kosakata Jawa, sekolah dasar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:18
Last Modified: 18 Jan 2018 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29237

Actions (login required)

View Item View Item